Categories

Jun 19, 2012

Subject – Verb Agreement

Subject – Verb Agreement
Rule (ketentuan) yang paling penting dalam bahasa Inggris adalah bahwa antara subject dengan verb harus in agreement. Artinya, jika subject-nya singular maka verb-nya juga harus singular. Sebaliknya, jika subject-nya plural maka verb-nya juga harus plural.
Contoh : -present continuous (singular)
Sam are going to go to the zoo tomorrow (salah) are = plural
Sam is going to go to the zoo tomorrow (benar)
-simple present (singular)
Ani live in Jakarta (salah) ga pake +s = plural
Ani lives in Jakarta (benar)
Penjelasan :
Pada contoh pertama, are tidak sesuai dengan subjek Sam karena are hanya dapat digunakan terhadap orang kedua (you) atau orang ketiga jamak.
Pada contoh kedua, live tidak bisa digunakan karena orang ketiga tunggal pada simple present tense harus diberi imbuhan –s menjadi lives
Singular subject – singular verb
Yang dimaksud dengan singular subject adalah subject pronoun he, she, dan it, atau nouns yang dapat digantikan dengan he, she atau it; Sedangkan yang dimaksud dengan singular verbs adalah verb1+es/s, is/was, serta verb phrase seperti: is/was + verb-ing/verb3, has +verb3, has been verb-ing dan has been verb3.
Plural subject – plural verb
Yang dimaksud dengan plural subject adalah subject pronouns seperti I, we, you, they, dan semua plural nouns. Sedangkan yang dimaksud dengan plural verbs adalah verbs dan verb phrase selain singular verbs di atas.
Singular
Plural
I
We
He, She, It
They
You

No comments:

Post a Comment

IP