Categories

Jan 4, 2012

[gaya bahas]Conditional Sentence

Conditional Sentence

Conditional (Kalimat Pengandaian) menjelaskan bahwa sebuah kegiatan bertentangan dengan kegiatan yang lain. Conditional yang paling umum adalah Real Conditonal dan Unreal Conditonal, kadang-kadang disebut juga if-clauses.
Beberapa Tipe Conditional Sentences…

  • Zero Conditional Digunakan untuk mengekspresikan kebenaran umum. Tense yang digunakan biasanya Present Simple Tense
contoh : (1) If you heat water to 100 degrees Celsius, it boils.

  • Real Conditional (sering juga disebut juga dengan Conditional Tipe I) yang menggambarkan tentang mengandai-andai sesuai dengan fakta masa sekarang atau masa yang akan datang dan pengandaian ini bisa saja terjadi. Klausa “if” biasanya dalam bentuk Present Simple Tense.
contoh : (2) If I see you tomorrow, I will buy you a drink

  • Unreal Conditional (sering juga disebut sebagai Conditional Tipe II) yang menggambarkan tentang pengandaian yang tidak nyata atau berimajinasi.Digunakan untuk mengekspresikan situasi yang tidak nyata di masa sekarang atau masa yang akan datang. Tipe ini digunakan untuk mengekspresikan sebuah harapan. Tenses yang digunakan dalam klausa IF adalah Past Simple Tense.
contoh : (3) If I won the lottery, I would buy a new house.

  • Ada juga Conditional yang ke-3 yang sering disebut dengan Conditional Tipe III, digunakan sebagai penyesalan yang terjadi di masa lampau dan zero conditional. Digunakan untuk mengekspresikan sebuah kondisi di masa yang lampau yang tidak mungkin akan terjadi lagi. Sering digunakan untuk mengkritik atau penyesalan. Tenses yang digunakan dalam Klausa IF adalah Past Perfect Tense. contoh : (4) If I had worked harder,I would have passed my exam
Catatan: Jika klausa “if” diletakkan di awal kalimat, kita harus menggunakan “koma”. Sebaliknya jika klausa “if” berada di belakang, maka tidak perlu ada koma
contoh lain :
(5) If I hadn’t helped you, you would have failed
(6) If it had been sunny, we could have gone out.
(7) I would buy a new car, if I won the competition
(8) I won’t mark your homework, unless you hand it in.
(9) Unless you hand in your homework, I won’t mark it.
(10) Water boils if you heat it to 100 degrees Celsius,

source : http://ismailmidi.com/berita-140-conditional-sentences.html

No comments:

Post a Comment

IP