Categories

Jan 7, 2012

Hubungan antara Individu dan Masyarakat

Hubungan antara Individu dan Masyarakat

  • Makna Individu
Secara kodrat, manusia berperan juga sebagai mahluk sosial. Sebagai mahluk individu, manusia merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri atas unsur rohani dan jasmani, serta tidak dapat dipisahkan dengan kesatuan jiwa dan raga. Sebagai mahluk sosial menurut kodratnya manusia harus hidup bermasyarakat.


  • Makna Keluarga
Keluarga adalah segalanya tanpa keluarga saya bukan apa-apa, keluarga lebih berharga dibandingkan dengan sahabat, pacar atau sekedar teman. Karena hanya keluarga yang benar-benar tulus menyayangi dan selalu mendukung saya. Hanya keluargalah yang selalu tulus mendo’akan untuk kesuksesan saya. Keluarga pula yang selalu ada disekitar saya.

Makna Masyarakat
Masyarakat merupakan tempat untuk bersosialisasi, bekerja sama, tolong-menolong, saling menghormati, dan saling memberikan kesempatan kepada orang lain.


Hubungan Individu, Keluarga dan Masyarakat

  • Hubungan individu dengan dirinya sendiri
Hubungan individu dengan diri sendiri terdapat 3 sistem kepribadian, yaitu ID ( ES ), EGO dan SUPER EGO. Jika EGO gagal menjaga keseimbangan antara dorongan dari ID dan larangan dari SUPER EGO maka individu akan mengalami konflik batin terus – menerus.
  • Hubungan individu dengan keluarga
Hubungan individu dengan keluarga terdiri dari hubungan biologis, psikologis dan social.
  • Hubungan individu dengan masyarakat
Hubungan individu dengan masyarakat sebagai lingkungan makro terdiri dari sifat – sifat makro ( mencakup komunitas, keluarga, lembaga dan individu ), lebih bersifat abstraksi.

No comments:

Post a Comment

IP